Saturday, February 19, 2011

Tentang Nama.

Membicarakan tentang nama, nama lengkap saya Myrzananda Hepi Darmaditya. Nama yang cukup panjang dan saya jujur saja menyukai nama saya, terutama nama belakang saya dan saya menggunakan nama belakang saya sebagai judul dari blog ini hanya saja dipisahkan dengan '&'.
Saya pernah bertanya kepada orangtua saya tentang arti nama saya, dan saya cukup tercengang dengan penjelasan orangtua saya karena memang artinya juga panjang.

'Lihatlah anak perempuan saya yang selalu berbahagia ini dan dia merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa'

Ya, memang panjang untuk ukuran arti sebuah nama. Lihatlah anak perempuan saya berasal dari Myrzananda, berbahagia berasal dari Hepi dan sisanya merupakan arti dari Darmaditya.

Darmaditya. Sewaktu saya masih duduk di bangku SMP ada beberapa guru yang mengabsen saya dengan menyebutkan nama lengkap dan ketika beliau-beliau mengucapkan nama belakang saya, mereka langsung mengomentari 'Kamu orang Hindu ya?'. Saya hanya bisa menaikkan alis waktu itu dan menjelaskan bahwa saya adalah seorang Muslim.
Dan kemarin-kemarin saya iseng saja mencari tentang Darmaditya di Google, dan hasilnya itu memang nama yang berasal dari India atau Hindu. Darmaditya, dengan nama lain Dharma Putra memang diperuntukkan bagi anak laki-laki dengan harapan dia akan menjadi lelaki yang baik ketika besar.
Nama belakang saya nama untuk laki-laki? Pantas saja orangtua saya pernah berkata 'punya anak perempuan tingkahnya seperti anak laki-laki, yang laki-laki seperti anak perempuan'. Dan karena perkataan orangtua saya itu saya jadi terpikir, apa mungkin saya punya dua sisi kepribadian atau sifat yang berbeda? Karena notabene saya perempuan yang menyandang nama untuk laki-laki.
Dan akhirnya saya memutuskan untuk memisahnya, seperti judul blog saya, Darma & Ditya. Darma yang mungkin lebih cocok untuk anak laki-laki dan Ditya untuk anak perempuan. Apa mungkin terbalik? Atau dua-duanya merupakan nama untuk anak laki-laki? Ya mungkin saja menurut anda begitu, tapi untuk yang ini, anggap saja seperti itu.

  • Darma. Berasal dari bahasa Sansekerta dan Jawa. Merupakan nama yang memiliki bobot berat karena mengandung risiko, karena di dalamnya terkandung makna spiritual atau tuah yang menuntut penyandangnya harus mampu menghadapi tantangan hidup serta mampu mengemban amanat yang terkandung di dalam kata-kata tersebut. Sebagian masyarakat Jawa mengatakan bahwa yang mampu menyandang nama ini adalah orang yang siap melakukan olah cipta, rasa, dan karsa, serta mampu melakukan tapa brata. Darma juga berarti kewajiban, keutamaan, perbuatan mulia, fatwa, pranata kesusilaan, hukum, kesucian berarti suatu perbuatan yang mengandung nilai luhur, dilandasi kesucian, etika, keluhuran budi, serta pengabdian yang tulus.
  • Ditya. Berasal dari bahasa India, Indonesia dan Sansekerta. Menurut bahasa India dan Indonesia, Ditya (atau Aditya) berarti matahari, Tuhan matahari dan pertama. Sedangkan menurut bahasa Sansekerta, berarti orang yang pandai dan bijaksana, dan biasanya diperuntukkan bagi anak laki-laki (lagi). Ditya juga merupakan dewa matahari dalam ajaran Hindu, merupakan putra dari dari Dewi Aditi.  Dihubungkan dengan matahari tampaknya sedari mula dalam masa penulisan Kitab Veda sudah diungguli oleh nama "sûrya" yang dikenakan kepada "dewa matahari" ( istilah lazimnya "Sûrya-deva" ); Sûrya dihormati sebagai Tuan ciptaan, sumber hidup, terang dan kehangatan. Meskipun demikian, baik kata "Aditya" maupun kata "Surya" dalam pemakaian selanjutnya tetap sama-sama merujuk kepada arti profan dan sakral yang sama. Keduanya berarti matahari sebagai satu benda angkasa yang menerangi bumi dan sebagai manifestasi satu realitas tertinggi yang bersifat ilahi. Penggunaan kata "aditya" yang kita perkenalkan di sini menunjuk kepada arti religius yang disebut terakhir ini.
Tercengang. Ya, saya tercengang dan tidak menyangka bahwa nama saya mempunyai arti yang cukup mengejutkan bagi saya. Mengetahui tentang arti nama belakang saya yang sebegitu.. Ya, tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Tapi pada intinya, maupun nama saya memang nama yang seharusnya diperuntukkan bagi nama laki-laki, yang terpenting adalah nama saya merupakan doa dari orang tua saya. Mungkin mereka memberi saya nama Darmaditya tersebut karena mereka memang menginginkan saya menjadi seperti itu.
Tapi walaupun tanpa embel-embel arti dari nama tersebut, saya sudah merasa spesial dengan arti yang diberikan oleh kedua orangtua saya.
Semoga saya bisa merealisasikan apa yang orangtua saya harapkan kepada saya, dan dari sekian arti diatas, semoga saja saya juga bisa merealisasikan apa yang tertulis disana. Kewajiban, keutamaan dan lainnya, semoga saja saya bisa membuat diri saya lebih baik ke depannya setelah mengetahui ini semua.

So, how's yours?

No comments:

Post a Comment